Posted by sounds of music in

APAKAH ANGKLUNG?

Angklung berasal dari Indonesia. Sebelum berkembangnya pengaruh Hindu di Indonesia, Angklung sudah merupakan alat muzik yang digemari penduduk. Angklung adalah alat muzik terbuat dari bambu, dimainkan dengan cara digetarkan dan satu alat menghasilkan satu nada. Termasuk dalam kategori alat musik idiophone.

Asalnya Angklung dimainkan dengan nada pentatonik. Angklung pentatonik adalah angklung dari suku kaum Sunda (dan dari daerah lainnya di Indonesia), dan dimainkan dengan lima nada tradisional, sehingga disebut pentatonik 5 nada: 1,2,3,5 dan 6. Antara lain: pelog, salendro, madenda.

FUNGSI ANGKLUNG TRADISI

Angklung dibunyikan dengan cara digoyang-goyangkan seperti loceng. Suatu masa dahulu, Angklung biasa digunakan dalam upacara ritual. Contohnya di Bali, Angklung digunakan dalam upacara pembakaran mayat. Namun, di Banten Selatan, orang Baduy menggunakan angklung sebagai alat muzik untuk upacara menanam padi di ladang. Mereka juga menggunakan Angklung dalam upacara 'Bersih Desa', permulaan musim menggarap sawah.

Di samping Angklung digunakan untuk upacara pertanian, Angklung biasanya digunakan sebagai alat muzik angkatan bersenjata, seperti 'Marching Band'.

Kemudian pada tahun 1937, Bapak Angklung Diatonis Daeng Sutigna, mulai membuat angklung yang bertangganada diatonik atau dikenali sebagai kromatik, sehingga jumlah nadanya menjadi 7 nada seperti alat muzik lain seperti bunyi piano, yang lengkap do, re, mi, fa, so, la, ti, do.

This entry was posted on Wednesday, January 13, 2010 at 4:30 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment